Yuk, Mengenal Desa Bogak Besar

Halo semua, selamat datang di blog baru saya.
Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai Desa Bogak Besar atau orang bule biasa menyebutnya “Big Bogak” hehehehe 😀
Saya yakin anda yang sedang membaca tulisan ini adalah orang Bogak Besar, iya kan? Jika iya coba lambaikan tangan anda dan ucapkan Assalamualaikum. Namun jika anda memang bukan orang Bogak Besar berarti anda memiliki ketertarikan terhadap desa ini hingga anda berusaha mencarinya di situs google. Okay I wanna say Welcome to Bogak Besar (agak inggris dikit yah biar gaul) 😀

Bogak Besar merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sumatera Utara). Jika anda mencarinya di peta negara Indonesia mungkin letaknya tepat digaris pantai pulau sumatera bagian timur (dekat Selat Malaka). Namun secara geografis letak Bogak Besar sekitar 3 km dari garis pantai. Tentu anda sendiri bisa membayangkan bagaimana iklim dan cuaca di desa yang dekat pantai ini, cukup panas namun panasnya tidak separah kota Medan atau Jakarta. Bahkan Bogak Besar masih dipenuhi banyak pepohonan yang membuat pemandangan disekitar menjadi hijau, karena hampir disetiap halaman rumah warga ada pohon-pohon yang sengaja ditanam seperti mangga, jambu, sawit, bunga, nangka, dan banyak lagi. Namun perlu anda ketahui saat tanaman tersebut berbuah pemilknya jarang sekali menikmati hasil tanamannya tersebut, hal ini disebabkan banyaknya anak-anak yang berusaha mencurinya (MENYUNTAN bahasa banjarnya), waw hebat sekali yaa.
Mungkin anda juga bertanya “sebenarnya apasih keunggulan Bogak Besar?”, nah saya jelaskan bahwa 80% masyarakat Bogak Besar berprofesi sebagai petani, meskipun ada juga yang berprofesi sebagai guru,mantri, atau pengusaha mereka akan tetap memiliki sawah sebagai sampingan/sambilan. Saat musim panen tiba desa ini mampu menghasilkan padi yang melimpah dan berkualitas pastinya, hasil panen ini akan dikonsumsi sendiri oleh sang pemilik namun hanya sedikit (sekitar 15-20% saja) dan selebihnya akan dijual/dipasarkan keluar daerah atau bisa jadi hingga keluar negeri (sudah jadi beras tentunya). So, mungkin saja nasi yang selama ini anda makan berasal dari Bogak Besar 😀 mungkin saja kan?
Bogak Besar dekat dengan objek wisata yakni Pantai Kelang, Pantai Sialang Buah dan pantai-pantai lainnya. Dulunya di desa ini juga ada Pantai Budi namun pantai tersebut kini tinggal namanya saja, bisa dikatakan pantai yang telah mati.

Itulah sedikit gambaran mengenai Bogak Besar secara geografis. Lalu bagaimana dengan penduduknya?. Faktanya 90% penduduk Bogak Besar adalah suku banjar dan beragama islam, agama lain sangat sedikit disini (minoritas). Banjar merupakan suku asli dari Kalimantan Selatan, namun dengan kegigihannya orang banjar di zaman dulu mampu berlayar mencapai pulau sumatera. Inilah yang menjadi asal-usul orang banjar sumatera yang menciptakan peradaban baru yakni Bogak Besar.
“Kok namanya Bogak Besar sih, Kenapa gak New York aja?” hahahaha kalau masalah ini saya tidak tahu sama sekali dan tidak tahu apa makna dari nama Bogak Besar tersebut, pastinya ada alasan mengapa nenek moyang banjar dulu memberi nama seperti itu. Selanjutnya bagi anda yang baru datang ke desa ini mungkin akan mengalami kendala bahasa, ya itulah yang dinamakan Bahasa Banjar, memang agak asing ditelinga anda saat mendengarkan masyarakat disini berkomunikasi dan itu akan membuat anda tercengang bahkan puyeng kalau lama-lama mendengarkannya hahahahaha :D. Namun anda tak perlu khawatir untuk bahasa komunikasi, Insya Allah semua penduduk Bogak Besar fasih berbahasa indonesia sebab bahasa indonesia menjadi bahasa kedua di desa ini.

Finally, itulah sedikit informasi tentang Desa Bogak Besar dan semoga bermanfaat untuk anda. Sebenarnya tujuan utama saya membuat tulisan ini agar Bogak Besar mampu menjadi sorotan masyarakat luas dan sedikit dilirik oleh pemerintah sehingga pembangunan didesa ini dapat terpenuhi seperti desa-desa lain yang beruntung. Perlahan namun pasti Bogak Besar pasti akan maju, itulah harapan sengenap masyarakat didesa tercinta ini. HIDUP BOGAK BESAR! HIDUP URANG BANJAR! HIDUP INDONESIA! *Wassalamualaikum.

Iklan

2 thoughts on “Yuk, Mengenal Desa Bogak Besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s